Assalammualaikum, :)
Wah,, SBMPTN udah bentar lagi ni. gimana persiapannya, oya ini ada Tips mengerjakan soal TPA. TPA (tes potensi akademik) tentu sudah tau dong sama yang satu ini. oh iya pastinya diantara kita masih banyak yang belum terlalu ngerti kan.
NAH untuk itu langsung aja ya. :D
cekidooottt,,,,,,
Read More ->>
Wah,, SBMPTN udah bentar lagi ni. gimana persiapannya, oya ini ada Tips mengerjakan soal TPA. TPA (tes potensi akademik) tentu sudah tau dong sama yang satu ini. oh iya pastinya diantara kita masih banyak yang belum terlalu ngerti kan.
NAH untuk itu langsung aja ya. :D
cekidooottt,,,,,,
Tips mengerjakan soal TPA(Bagian 1 : Verbal dan Penarikan Kesimpulan)Analogi (Padanan Kata)Untuk mengerjakan soal analogi, Anda bisa menggunakan cara berikut :1. Cara 1 : Kesesuaian antar premi· Contoh 1:(1)... berhubungan dengan OBAT sebagaimana DOKTER berhubungan dengan ... (2)(A). Apoteker – Resep(B). Sopir – Mobil(C). Haus – Minum(D). Lapar – Makan(E). Burung – SangkarObat = kata benda , berarti titik yang di belakang (2) harus diisi dengankata benda jugaDokter = kata benda , berarti titik yang di depan (1) harus diisi dengankata benda jugaDari pilihan di atas yang merupakan kata benda – kata benda adalahpilihan A, B, ETAPI yang paling tepat adalah Apoteker – Resep· Contoh 2 :(1)... berhubungan dengan BERBURU sebagaimana PERANGKAP berhubungan dengan ...(2)(A). Pancing : Ikan(B). Kapal : Terbang(C). Senapan : Menangkap(D). Lampu : Menyala(E). Hutan : LautBerburu = kata kerja , berarti titik yang di belakang (2) harus diisi dengankata kerja jugaPerangkap = kata benda , berarti titik yang di depan (1) harus diisidengan kata benda jugaDari pilihan di bawah yang merupakan kata benda – kata kerja adalahpilihan B dan CTAPI yang paling tepat adalah Senapan – Menangkap2. Cara 2 : Masukan pilihan jawaban pada soal dan buat kata pemisalan· Contoh 1:... berhubungan dengan OBAT sebagaimana DOKTER berhubungandengan ...(A). Apoteker – Resep(B). Sopir – Mobil(C). Haus – Minum(D). Lapar – Makan(E). Burung – SangkarJika kita masukan masing-masing pilihan jawaban pada soal dan sedikitmembuat kata permisalan (misal kita memasukan kata membuat) makaakan menjadi :Apoteker membuat Obat = Dokter membuat ResepSopir membuat Obat = Dokter membuat MobilHaus membuat Obat = Dokter membuat MinumLapar membuat Obat = Dokter membuat MakanBurung membuat Obat = Dokter membuat SangkarPilihan yang paling tepat adalah Apoteker – Resep
· Contoh 2 :... berhubungan dengan BERBURU sebagaimana PERANGKAPberhubungan dengan ...(A). Pancing : Ikan(B). Kapal : Terbang(C). Senapan : Menangkap(D). Lampu : Menyala(E). Hutan : LautJika kita masukan masing-masing pilihan jawaban pada soal dan sedikitmembuat kata permisalan (misal kita memasukan kata digunakan untuk)maka akan menjadi :Pancing digunakan untuk BERBURU sebagaimana PERANGKAPdigunakan untuk IkanKapal digunakan untuk BERBURU sebagaimana PERANGKAPdigunakan untuk TerbangSenapan digunakan untuk BERBURU sebagaimana PERANGKAPdigunakan untuk MenangkapLampu digunakan untuk BERBURU sebagaimana PERANGKAPdigunakan untuk MenyalaHutan digunakan untuk BERBURU sebagaimana PERANGKAPdigunakan untuk LautPilihan yang paling tepat adalah Senapan – Menangkap3. Cara 3 : kombinasikan cara 1 dan 2Pengambilan KesimpulanUntuk mengerjakan soal penarikan kesimpulan lebih baik anda fokus dulu padasoal yang memiliki pola :· Semua – Sebagian/beberapa· Silogisme· Modus Ponens· Modus Tolens· Kombinasi silogisme modus ponens, modus tolens· KontraposisiSetelah itu, Anda bisa kerjakan soal-soal yang memiliki pola selain di atasdengan penarikan kesimpulan sendiri.· Semua – sebagian/beberapaMayoritas soal penarikan kesimpulan pada tes TPA berpola semua –sebagian/beberapaNah, Anda bisa kerjakan bagian ini terlebih dahulu. Karena termasukbagian paling mudah.Pola semua – sebagian/beberapa, jawabannya hanya ada 2 kemungkinan :o SemuaKalo semua, berarti pasti jawabannya akan sama dengan soalnya.o Sebagian/beberapaKalo sebagian, beberapa, maka jawabannya kemungkinansebagian/beberapa A atau sebagian/beberapa tidak A atau bisa jugaada A atau ada bukan A.· Contoh 1 :SNMPTN 2011Semua radio memakai baterai.Sebagian radio tidak memakai antena panjang.(A). Ada radio yang tidak memakai baterai, memakai antena panjang.(B). Ada radio yang tidak antena panjang, tidak memakai baterai.(C). Ada radio yang memakai antena panjang, tidak memakai baterai,.(D). Ada radio yang tidak memakai baterai, tidak memakai antenapanjang.(E). Ada radio yang tidak memakai antena panjang memakai baterai.o SemuaKalo semua, berarti pasti jawabannya akan sama dengan soalnya.Pada soal di atas berarti harus semua radio memakai baterai.Artinya yang tidak memakai baterai pasti salah. A, B, C , D pastisalah.A. Ada radio yang tidak memakai baterai, memakai antenapanjang.B. Ada radio yang tidak antena panjang, tidak memakai baterai.C. Ada radio yang memakai antena panjang, tidak memakaibaterai,.D. Ada radio yang tidak memakai baterai, tidak memakai antenapanjang.E. Ada radio yang tidak memakai antena panjang memakaibaterai.
· Contoh 2 :SNMPTN 2011Semua siswa mengikuti senam pagi.Beberapa siswa memakai sepatu putih.(A). Ada siswa yang tidak mengikuti senam pagi.(B). Semua siswa memakai sepatu putih.(C). Beberapa siswa peserta senam pagi bersepatu putih.(D). Ada siswa bersepatu putih tidak mengikuti senam pagi.(E). Semua siswa peserta senam pagi bersepatu putih.o SemuaKalo semua, berarti pasti jawabannya akan sama dengan soalnya.Pada soal di atas berarti harus semua siswa mengikuti senam pagi.Pilihan B dan E salah , karena berbeda dengan soal (semua siswaKalimat Semua siswa mengikuti senam pagi artinya yang tidakmengikuti senam pagi pasti salah. A dan D pasti salah.A. Ada siswa yang tidak mengikuti senam pagi.B. Semua siswa memakai sepatu putih.C. Beberapa siswa peserta senam pagi bersepatu putih.D. Ada siswa bersepatu putih tidak mengikuti senam pagi.E. Semua siswa peserta senam pagi bersepatu putih.Jawaban yang benar adalah C : Beberapa siswa peserta senam pagibersepatu putih
· Contoh 3 :SNMPTN 2009Semua beruang adalah pemakan daging.Sebagian binatang adalah beruang.Simpulan yang tepat adalah ...(A)Semua pemakan daging adalah beruang.(B) Sebagian beruang pemakan daging.(C)Sebagian binatang pemakan daging.(D)Sebagian beruang tidak memakan daging.(E) Semua binatang memakan daging.o SemuaKalo semua, berarti pasti jawabannya akan sama dengan soalnya.Pilihan A (Semua pemakan daging adalah beruang ) dan E (Semuabinatang memakan daging ) salah , karena berbeda dengan soal(Semua beruang adalah pemakan daging). Secara otomatis juga B(Sebagian beruang pemakan daging) dan D (Sebagian beruangtidak memakan daging) salah karena dari kalimat soal sudahdisebutkan semua beruang pemakan dagingPilihan yang tepat adalah C Sebagian binatang pemakan daging.o SebagianSebagian binatang adalah beruang bisa berarti juga sebagianbinatang bukan beruang.Rosana alfauzan Page 7
4. Silogisme
· Contoh :SNMPTN 2011Semua atlet pandai melompat, dan atlet yang pandai melompat gemarberenang.Atlet yang gemar berenang tidak pandai memasak.(A). Atlet yang tidak pandai memasak, tidak pandai melompat.(B). Atlet yang tidak pandai memasak, gemar berenang dan tidakpandai melompat.(C). Atlet yang tidak pandai memasak, pandai melompat dan tidakgemar berenang.(D). Atlet yang tidak pandai memasak, tidak pandai melompat dantidak gemar berenang.(E). Atlet yang tidak pandai memasak, pandai melompat._ _ _ : Semua atlet pandai melompat, dan atlet yang pandai melompatgemar berenang_ _ _ : Atlet yang gemar berenang tidak pandai memasakMaka kesimpulannya :_ _ _ : Semua atlet pandai melompat , tidak pandai memasak. Atauequivalen dengan pernyataan E Atlet yang tidak pandai memasak,pandai melompat.
5. Modus Ponens
· Contoh :SNMPTN 2010Semua Negara berkembang masih bermasalah dengan tingkatpengangguran dan kemiskinan yang tinggi.Indonesia adalah Negara berkembang.(A). Indonesia tidak bermasalah dengan tingkat pengangguran yangtinggi, tetapi bermasalah dengan kemiskinan.(B). Indonesia bermasalah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi,tetapi tidak dengan tingkat pengangguran.(C). Indonesia bermasalah dengan tingkat pengangguran yang tinggitetapi tidak dengan kemiskinan.(D). Bisa jadi Indonesia masih bermasalah dengan tingkatpengangguran dan kemiskinan yang tinggi.(E). Indonesia masih bermasalah dengan tingkat pengangguran dankemiskinan yang tinggi._ _ _ : Semua Negara berkembang masih bermasalah dengan tingkatpengangguran dan kemiskinan yang tinggi_ : Indonesia adalah Negara berkembangMaka kesimpulannya_ : Indonesia masih bermasalah dengan tingkat pengangguran dankemiskinan yang tinggi (E)6. Modus Tolens
· Contoh :SNMPTN 2011Semua candi berkubah dan menjulang.Anda berada di tempat yang tidak berkubah dan menjulang.(A). Anda berada di candi berkubah.(B). Anda berada di candi menjulang.(C). Anda berada di bukan candi.(D). Anda berada di candi tidak berkubah.(E). Anda berada di candi tidak berkubah dan tidak menjulang._ _ _ : Semua candi berkubah dan menjulang~_ : Anda berada di tempat yang tidak berkubah dan menjulangMaka kesimpulannya :~p : Anda berada di bukan candi (C)
7. Kombinasi silogisme dengan modus ponens atau modus tolens
· Contoh :SNMPTN 2011Jika Tono lulus kuliah kurang dari atau sama dengan 4 tahun, maka iaakan diterima bekerja sebagai karyawan di perusahaan A.Jika Tono sudah bekerja di perusahaan A, maka ayahnya akanmembelikan Tono sebuah sepeda motor.Tono tidak mendapatkan sepeda motor dari ayahnya.(A). Tono menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun.(B). Tono menyelesaikan studinya lebih dari 4 tahun.(C). Tono bekerja di perusahaan A.(D). Tono menyelesaikan studinya tepat 4 tahun.(E). Tono bekerja dengan sepeda motor._ _ _ : Jika Tono lulus kuliah kurang dari atau sama dengan 4 tahun,maka ia akan diterima bekerja sebagai karyawan di perusahaan A_ _ _ : Jika Tono sudah bekerja di perusahaan A, maka ayahnya akanmembelikan Tono sebuah sepeda motor.~_ : Tono tidak mendapatkan sepeda motor dari ayahnyaPernyataan di atas merupakan kombinasi silogisme dengan modus tolens,selesaikan dulu yang silogisme_ _ __ _ _Sehingga diperoleh_ _ _ : Jika Tono lulus kuliah kurang dari atau sama dengan 4 tahunmaka ayahnya akan membelikan Tono sebuah sepeda motor.Sekarang baru pernyataan modus tolens nya_ _ _~_Sehingga diperoleh kesimpulan~_ : Tono tidak lulus kuliah kurang dari atau sama dengan 4 tahun ( samadengan pernyataan B yaitu Tono menyelesaikan studinya lebih dari 4tahun)
· Contoh :SNMPTN 2011Setiap siswa di kelas X memiliki kalkulator grafik. Setiap orang yangmemiliki kalkulator grafik mengerti tentang fungsi trigonometri. Roniadalah siswa kelas X.(A). Roni tidak memiliki kalkulator grafik(B). Roni mengerti tentang fungsi trigonometri(C). Roni belum tentu memiliki kalkulator grafik(D). Roni belum tentu mengerti tentang fungsi trigonometri(E). Roni mengerti tentang fungsi trigonometri tetapi tidak memilikikalkulator_ _ _ : Setiap siswa di kelas X memiliki kalkulator grafik_ _ _ : Setiap orang yang memiliki kalkulator grafik mengerti tentangfungsi trigonometri_ : Roni adalah siswa kelas X.Pernyataan di atas merupakan kombinasi silogisme dengan modusponens, selesaikan dulu yang silogisme_ _ __ _ _Sehingga diperoleh_ _ _ : Setiap siswa di kelas X mengerti tentang fungsi trigonometriSekarang baru pernyataan modus ponens nya_ _ __ : Roni adalah siswa kelas XSehingga diperoleh kesimpulan_ : Roni mengerti tentang fungsi trigonometri8. KontraposisiPada pelajaran matematika bab logika , Anda sudah mengetahuibahwaIImplikasi equivalensi dengan kontraposisi_ _ _ _ ~_ _ ~_Pernyataan ‘Jika saya makan maka saya kenyang’, sama denganpernyataan ‘Jika saya tidak kenyang maka saya tidak makan’.Contoh :SNMPTN 2011Semua peragawati mengenakan gaun cantikSemua yang mengenakan gaun cantik terlihat menawan(A). Semua yang terlihat menawan adalah peragawati(B). Semua yang mengenakan gaun cantik adalah peragawati(C). Semua yang tidak terlihat menawan adalah bukan peragawati(D). Semua yang mengenakan gaun cantik adalah peragawati yangmenawan(E). Semua peragawati terlihat tidak menawan_ _ _ : Semua peragawati mengenakan gaun cantik_ _ _ : Semua yang mengenakan gaun cantik terlihat menawanPernyataan di atas termasuk silogisme, sehingga kesimpulannyayaitu_ _ _ : Semua peragawati terlihat menawanPada pilihan jawaban kita tidak melihat pernyataan tersebut, tapidari rumusan terlihat bahwa _ _ _ _ ~_ _ ~_Sehingga pernyataan_ _ _ : Semua peragawati terlihat menawanEquivalensi dengan pernyataan C~_ _ ~_ : Semua yang tidak terlihat menawan adalah bukanPeragawati
9. Penarikan kesimpulan selain pola-pola yang telah disebutkan di atasUntuk mengerjakansoal penarikan kesimpulan jenis ini, Anda bisamenggunakan logika sendiri saja yah.
· Contoh :SNMPTN 2009Makhluk laut yang bernafas dengan insang adalah ikan.Lumba-lumba adalah makhluk laut yang bernafas dengan paru-paru.Simpulan yang tepat adalah ...(A) semua lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut.(B) semua lumba-lumba dan ikan adalah makhluk yang hidup di laut.(C) sebagian lumba-lumba termasuk jenis ikan yang hidup di laut.(D) semua ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut.(E) sebagian ikan termasuk jenis lumba-lumba yang hidup di laut.Makhluk laut yang bernafas dengan insang adalah ikan. Lumba-lumbabernafas dengan paru-paru berarti lumba-lumba bukan ikan tetapitermasuk makhluk laut.Kesimpulan yang tepat adalah(B) semua lumba-lumba dan ikan adalah makhluk yang hidup di laut.
· Contoh :SNMPTN 2010Bila makan di warung A harus membeli teh atau membawa minumansendiriBadu makan di warung A padahal tidak membeli teh(A) Badu tidak minum sewaktu makan di warung A(B) Badu membeli untuk makan di warung A(C) Badu membawa minuman sendiri(D) Badu tidak mempunyai minuman sendiri(E) Badu membawa teh sendiriBila makan di warung A harus melakukan salah satu dari 2 hal(dikenali dari kata ‘atau’) yaitu membeli teh atau membawa minumansendiriBadu makan di warung A padahal tidak membeli the. Berarti Badumembawa minuman sendiri (C).
· Contoh :SNMPTN 2011Sepatu merah lebih bagus dari sepatu hitam. Sepatu yang lebih bagusharganya lebih mahal dan lebih banyak dibeli orang.(A). Ada sepatu hitam yang lebih mahal dan lebih banyak dibeliorang.(B). Sepatu merah yang tidak lebih bagus dari sepatu hitamharganya murah.(C). Sepatu yang lebih banyak dibeli orang belum tentu lebihbagus.(D). Sepatu merah lebih banyak dibeli orang walaupun harganyalebih mahal.(E). Ada sepatu merah yang harganya lebih mahal tidak banyakdibeli orang.Jawaban yang paling tepat dari pilihan yang ada adalah D Sepatumerah lebih banyak dibeli orang walaupun harganya lebih mahal.
10. Sinonim (Persamaan Kata) dan Antonim (Lawan Kata)
Kalau untuk mengerjakan soal-soal TPA sinonim dan antonim dipengaruhi olehperbendaharaan kata yang kita miliki. Semakin banyak kita menguasaiperbendaharaan kata, terutama kata serapan akan semakin memudahkan kitadalam mengerjakan soal tersebut. Tapi semenjak tahun 2010, sinonim antonimtidak diujikan kembali dalam Soal TPA SNMPTN. Satu hal yang harus Andaketahui, bahwa terkadang ketika mengerjakan soal TPA Verbal kita sukamenemukan kunci jawaban yang berbeda dengan pembahasan di buku lain,guru lain, tempat bimbel dll.Nah memang itu tidak dapat dipungkiri, karena berbeda persepsi dalampengambilan analogi atau kesimpulan. Lain halnya dengan TPA yang numerik,tidak mungkin ada perbedaan jawaban. Misalnya 2 + 2 = …, maka dipastikansemua akan sepakat menjawab 4.